Pemprov DKI Memberikan Nama Masjid INI "Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari" Kenapa??

Loading...

Publik RI- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menamakan Masjid Raya Daan Mogot, KH Hasyim Asy'ari.

Pemprov DKI Memberikan Nama Masjid INI "Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari" Kenapa??

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menjelaskan alasan penamaan masjid raya tersebut.

"KH Hasyim Asy'ari ini kan pendiri NU, pahlawan nasional. Dengan demikian kita membudayakan tokoh agama, pahlawan nasional. Membangkitkan nasionalisme," kata Sumarsono di Masjid Raya, Daan Mogot, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Pria yang akrab disapa Soni itu mengatakan penamaan Masjid Raya itu melalui proses pertimbangan yang panjang. Terdapat 27 nama sebelum terpilih nama KH Hasyim Asy'ari.

"Kita bicara dan ketemu lah nama pahlawan ini," kata Soni.

Soni mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan keluarga KH Hasyim Asy'ari. Termasuk, surat resmi yang disampaikan kepada pihak keluarga. Keluarga KH Hasyim, kata Soni, sangat berterimakasih atas penghargaan tersebut.

"Bahkan mereka juga hadir, 17 orang atau lebih, dan kita sudah berikan layanan dengan baik. Mereka dari Jombang juga ke sini, dan mereka merasa terima kasih kepada Pemprov DKI," kata Soni.

Soni menuturkan masjid-masjid yang akan dibangun lainnya dapat dinamai tokoh Muhammadiyah. Masjid Raya, katanya, akan digunakan sebagai rumah ibadah, pengajian dan aktivitas sosial lainnya.

"Saya kira sama, cuma tambahannya yang beda, termasuk landscape yang indah, bersih, hijau berbunga jadi rekreatif. Kan bisa juga rekreatif spiritual. Itu saya kira kelebihannya," imbuhnya.

Soni mengatakan Pemprov DKI berencana membangun Masjid Raya di setiap wilayah ibukota. Dua wilayah yang belum memiliki Masjid Raya yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Saya kira kalau di selatan punya, timur punya, akan punya kebanggaan. Makin banyak mesjid kan juga makin bagus," ujar Soni.[Publik RItn]
Loading...